The Latest

Pengumuman Seminar Proposal Gelombang II

Pengumuman Seminar Proposal Gelombang I

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai
1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
3.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air,memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara danbangsa.
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dankepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulianterhadap masyarakat dan lingkungan.
7.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat danbernegara
8.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidangkeahliannya secara mandiri
10.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dankewirausahaan
11.Mampu membangun karakter bangsa yang mencerminkan nilai-nilaidalam Pancasilan dan UUD 1945 melalui pendekatan empat pilarkebangsaan secara mendalam
12.Mampu bersikap nasionalis dan patriotis melalui pendekatan wawasan kebangsaan secara utuh
13.Mampu merespon kearifan lokal melalui pendekatan multikulturalsecara luas.
14.Mampu membangun karakter melalui pendekatan pembiasaaan danketeladanan secara integral.

a. Keterampilan Umum
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
2.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
10. Mampu menguasai penggunaan bahasa arab dalam aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis melalui kegiatan pembiasaan secara berkesinambungan
11. Mampu menguasai penggunaan bahasa inggris dalam aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis melalui kegiatan pembiasaan secara berkesinambungan
12.Mampu memproduksi ide-ide dan melahirkan keterampilan hidup melalui kegiatan usaha mandiri secara inovatif

b. Keterampilan Khusus
1. Mampu melaksanakan kurikulum mata Pelajaran bidang Guru Kelas RA/TK sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum
2. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik pada bidang Guru Kelas RA/TK
3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bidang Guru Kelas RA/TK
4. Mampu menfasilitasi pengembangan potensi dasar peserta didik RA/TK untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan dasar dalam kehidupan nyata dan di RA/TK dan di masyarakat
5. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran bidang Guru Kelas RA/TK Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran bidang Guru Kelas RA/TK secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum
6. Mampu melakukan tindakan reflektif dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran bidang Guru Kelas RA/TK
7. Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan bidang Guru Kelas RA/TK secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai pendidik sejati.

c. pengetahuan
1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi
2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)
3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)
4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan
7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global
8. Menguasai berbagai konsep teoritis dan filosofis pendidikan umum dan Islam sebagai landasan dan kerangka acuan dalam pelaksanaan bidang Guru Kelas RA/TK
9. Menguasai teori penelitian bidang bidang Guru Kelas RA/TK dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan langkah-langkah inovatif dalam pembelajaran bidang guru kelas RA/TK
10. Menguasai karakteristik peserta didik RA/TK dari aspek fisik, modal, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
11. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam pelaksanaan pembelajaran bidang Guru Kelas RA/TK
12. Menguasai substansi materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan bidang Guru Kelas RA/TK
13. Menguasai teori pengembangan kurikulum, media dan sumber belajar, serta penilaian dan evaluasi mata pelajaran bidang Guru Kelas RA/TK
14. Mahasiswa mampu Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran bidang Guru Kelas RA/TK yang kreatif dan inovatif.
15. Mahasiswa mampu Menguasai teori Neorosains dalam pembelajaran anak dan pendidikan anak berkebutuhan khusus di RA/TK
16. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep pengembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dalam dunia percakapan dan tulisan berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) secara praktis
17. Mahasiswa mampu memahami kajian tentang agama-agama melalui pendekatan transdisipliner berbasis masyarakat multikultural secara komprehensif
18. Mahasiswa mampu memahami ulum al-Qur’an yang diperlukan sebagai salah satu alat dalam memahami al-Qur’an melalui pendekatan transdisipliner secara utuh dan mendalam
19. Mahasiswa mampu memahami status hadits, sejarah dan perkembangannya sebagai dasar dan sumber hukum Islam melalui pendekatan transdisipliner secara utuh dan mendalam
20. Mahasiswa mampu menganalisis materi-materi filsafat dan ilmu kalam melalui pendekatan transdisipliner secara mendalam

 

Pengumuman Munaqasah Gel. 2

PENGUMUMAN WISUDA GASAL 2019/2020

Pengumuman Ujian Munaqasah

Pengumuman Seminar Proposal Gel. 3

Profil Jurusan PIAUD

Jurusan Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan belum lama ini mengadakan pelatihan Musik dan Menyanyi Tradisional di Desa Podo, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.

Pembagian Kelas dan Jadwal PPBAI

Page 1 of 9
We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree